Sunday, July 27, 2008

Kesalahan Kecil Yang Sering Terjadi Pada Pemasangan LAN

Permasalahan Kecil Yang Sering Dilupakan Pada Pemasangan Jaringan Lan
Pernahkah anda mengalami permasalahan dalam menyambungkan komputer dalam suatu jaringan LAN baik itu dua komputer dengan menggunakan konfigurasi crossover maupun menyambungkan komputer lebih dari 2 unit menggunakan switch atau hub dengan konfigurasi kabel stright pada operating sistem XP SP2 yaitu setelah kita pasang pada taskbar muncul ballon pada sudut kanan yang menyatakan kabel telah tersambung pada hub atau switch tapi setelah mencoba ping requestnya time out dengan arti tidak terkoneksi loh kok gitu, saya pernah mempunyai pengalaman yang mungkin bermanfaat bagi yang sedang mempelajari pemasangan jaringan LAN dengan operating sistem Windows XP SP2
Kisahnya sebagai berikut heheheh alaaah

Setelah pengukuran dan pemotongan kabel serta memasang konektor RJ45 pada setiap ujung kabel dan memasukkan konektor RJ45 tersebut ke komputer lampu indikator menyala menandakan komputer terhubung dengan baik lampu indikator switch menyala, tapi setelah ditest ping eh ternyata request time out, saya coba menggunakan Lan tester guna memerksa apakah pemasangan kabel yang bermasalah, eh ternyata tidak indikator lan tester menyala baik yang menandakan pemasangan kabel sudah tepat terus dimana kesalahannya, selidik punya selidik, otak berputar terus, utak atik sistemnya sampe sampe mau tak instal ulang lagi windowsnya untung saat itu aku laper, jadi aku tinggalin dulu kerjaan itu terus aku makan dulu sambil berpikir
Sambil makan aku masih terus berpikir apa saya instal ulang aja menggunakan windows xp sp 1 yah, tiba tiba saya teringat akan kata guru saya (hehehe) pernah saya bertanya padanya apa kelebihan dari sistem operasi Windowa XP sp2 dari Xp Sp1 jawabannya banyak selain salah satunya keamannya dalam sistem jaringan dengan fungsi firewall yang lebih baik, kalo fungsi fire wall ini aktif maka komputer tersebut tidak akan terdeteksi di jaringan.
Segera setelah itu, saya matikan windos firewallnya dengan cara ketik start-connect to, pilih show all connection-klik kanan lokal area network pilih propertise –klik tab advanced klik setting-muncul jendela windows firewall pada tab general secara default windows firewal ini akan aktif matikan dengan cara memberi tanda pada bagian off(not recomended).
Lakukan hal tersebut disemua komputer yang akan terhubung jaringan baik server maupun kliennya, kemudian restart
Apabila settingan IP adress dan sambungan kabel baik maka lakukanlah test ping maka komputer yang di ping akan mereply, nah sukses dan komputer siap disetting lebih lanjut untuk melakukan sharing

Baca Juga Yang Dibawah