Saturday, July 19, 2008

Kode Etik Mengcopy Artikel

Melihat artikel bagus yang nampang di blog orang lain penuh informasi dan sangat menarik, copy ah dan mau saya posting di blog saya, eitts tunggu dulu heheh

Kebanyakan dari rekan blogger sekalian yang masih baru dalam dunia blogging mempunyai pikiran saya sama dengan saya dapet artikel bagus copy dan paste di blog pribadi, pernahkah terlintas dipikiran kita bahwa yang punya alias penulis artikel tersebut tidak rido alias tidak ikhlas bahkan marah marah dan mencaci maki atau sekedar sumpah serapah atau gondok hati melihat artikel mereka di dalam blog kita??? Hati hati entar dikira plagiat alias mengambil hak cipta orang lain

Rekan netter saya ada sedikit cerita mengenai masalah ini saya sedikita ada penglaman menarik yang sangat membuat saya malu dan bener bener merasa bersalah sekaligus gondok juga sih tapi mau diapa emang artikel orang lain kok la orang puter otak mikir buat artikel tersebut. Kronologisnya seperti ini heheh (kayak detective aja) Suatu hari aku blogwalking menjelajah dunia maya dengan semangatnya sampai akhirnya mendarat di sebuah blog yang sangat bagus dan isinya memang saya akui sangat menarik, langsung saja saya tekan ctr+s saya simpen halamannya di dalam hardisk buat dibaca baca ntar kalo ada waktu.

Berselang beberapa lama alhasil saya orang yang kekurangan ini membaca sebuah artikel yang menyatakan kita bisa mendapatkan penghasilan dengan membuat blog akhirnya saya belajarlah membuat blog sekalian sebagai sarana bersantai sambil belajar dan mendaftar di sana sini alhasil saya banyak belajar di blog seorang yang saya anggap sangat hebatlah dalam hal moneytesasi blog dan setelah membaca artikel disana saya jadi semangat, akhirnya kumulailah membuat blog belajar sana sini dan akhirnya bisa jadilah blog saya sekarag ini sebagai percobaan hehe maklum lagi belajar bisa membuatnya aja udah syukur banget.

Selanjutnya yang jadi masalah sekarang yang susah adalah ngisi postingannya akhirnya aku mulailah mengisinya dengan postingan yang ngawur heheh. Alhasil saya mengingat akan artikel yang pernah saya simpen dulu kemudian saya postinglah sang artikel sebagai pengisi blog saya ini, berselang lama ehhhh masya Allah yang punya artikel nemuin tuh artikel dan ngisi komennta "kok artikel ini sama persis dengan yang ada di blog saya, kenapa tidak ada link baliknya itukan etikanya, kalau tidak ada link dari penulis aslnya berarti anda menganggap artikel ini milik anda itu artinya anda melakukan plagiat" gondok juga gue bacanya sempat terpikir untuk menghapus commentnya tapi dengan pikiran matang saya tetap membiarkannya la emang artikel itu miliknya, tapi terus terang saat saya memposting artikel itu saya tidak tahu kalo harus membuat link dari artikel aslinya. La waktu itu saya masih newbie dalam blogging

Oleh karena itu saya memohon maaf yang sebesar besarnya, apabila ada yang menemukan artikel miliknya di blog saya ini dan tidak menemukan link balik silahkan komentar, saya akan segera memberikan link balik dan kalau ada yang tidak berkenan artikelnya saya posting saya akan menghapusnya, saya akui beberapa artikel dalam blog ini yang saya copy dari blog lain, tapi bukan maksud saya untuk berplagiat saya hanya sekedar berbagi informasi sekalian sebagai konsumsi sendiri,

Jadi jika ada yang menemukan artikelnya tanpa link balik atau tidak ingin artikelnya di posting silahkan diisi kotak komentarnya, apapun keinginan anda akan saya lakukan karena itu adalah artikel anda sendiri,

Sedikit pesan buat sesama blogger baru, ingatlah selalu memberikan link balik jika anda menemukan artikel yang sekiranya anda ingin memposting ke blog pribadi anda, semoga pengalaman saya memberi manfaat kepada rekan sekalian

Terima kasih

Baca Juga Yang Dibawah